Berita Edukasi Online

Informasi :

Daftar Nama Siswa dan Template Soal CBT tersedia di menu DOWNLOAD

PEMBELAJARAN PRODISTIK MAN 2 TULUNGAGUNG DI LABORATURIUM KOMPUTER

PRODISTIK PENUNJANG SISWA MENGUASAI BIDANG TEKHNOLOGI DAN KOMUNIKASI


       Prodistik adalah Program Pendidikan Terapan Bidang Tekhnologi Informasi dan Komunikasi yang didirikan oleh ITS Surabaya. Prodistik ITS bekerja sama dengan beberapa SMA/MA, terutama MAN 2 Tulungagung yang juga sudah lama bergabung dengan Prodistik guna menunjang kemampuan pendidikan dibidang IT siswa dan siswi MAN 2 Tulungagung. Kemajuan tekhnologi yang begitu pesatnya mengharuskan semua siswa mampu mengoperasikan komputer. Karena pendidikan tekhnologi harus dikuasai oleh pelajar terutama di tingkat MA/SMA. 

        Ketika siswa/siswi sudah memasuki Perguruan Tinggi, mereka dituntut untuk bisa menggunakan komputer dengan baik terutama office untuk menunjang pembelajaran di Perguruan Tinggi. Maka dari itu MAN 2 Tulungagung bergabung dengan Prodistik agar siswa dan siswi MAN 2 Tulungagung tidak kalah bersaing dalam dunia Tekhnologi dan Informasi kedepannya terutama ketika mereka lulus dari MAN 2 Tulungagung. Prodistik MAN 2 Tulungagung memiliki 3 jurusan yang disediakan, yaitu Design Grafis, Animasi , dan Perkantoran.

          Jurusan Prodistik MAN 2 Tulungagung dibagi ketika memasuki semester 3, dari setiap kelasnya siswa dan siswi MAN 2 Tulungagung harus memilih jurusan yang mereka minati per kelas. Jadi satu kelas mengambil jurusan yang sama. Dalam pembelajarannyapun siswa siswi Prodistik MAN 2 Tulungagung di fasilitasi dengan 4 laboraturium komputer dengan masing-masing ruangan berisi 33-34 unit komputer. dengan begitu pembelajaran komputer agar lebih efektif dan efisian. karena siswa langsung diajak mempraktekan materi yang diajarkan , sehingga siswa lebih cepat memahami dan mengikuti instruksi dalam pembelajaran bidang IT tersebut.


          di Prodistik MAN 2 Tulungagung hampir sama dengan perkuliahan sistem penilaian dan pembelajarannya. Penilaian menggunakan sistem SKS yang diterapkan oleh pihak ITS Surabaya sebagai patokannya. Dan setiap semester Prodistik melaksanakan Ujian Tulis untuk penilaian tambahan, tidak hanya ketika ujian, penilaian juga dilakukan dalam keseharian dan keaktifan siswa mengikuti pembelajaran ini. Karena di MAN 2 Tulungagung Prodistik adalah tambahan pelajaran yang wajib diikutio oleh para siswa dan siswi MAN 2 Tulungagung seluruhnya.

               dan ketika menginjak kelas XII atau akhir semester  Prodistik melaksanakan kegiatan yang dinakmakan " Tugas Akhir " atau kalau dalam bahasa perkuliahan umum skripsi. Meskipun siswa aktif mengikuti pembelajaran prodistik tapi ketika diakhior mereka tidak mengikuti atau tidak membuat Tugas Akhir seperti yang sudah ditentukan pihak ITS Surabaya maka siswa tersebut dinyatakan gagal dan tidak mendapatkan Sertifikat sebagai bukti keikut sertaan Prodistik disekoahan dan sebagai buktu kemampuannya dalam bidang IT. Sertifikat Prodistik MAN 2 Tulungagung di keluarkan oleh pihak ITS Surabaya, beserta KHS ( Kartu Hasil Study ) sebagi bukti rekapitulasi nilai per semester dan per mata kuliah.

               dengan adanya Prodistik diharapkan MAN 2 Tulungagung bisa menjadi Madrasah yang modern dengan kemajuan kemampuan Tekhnologi dan Komunikasinya terutama bagi siswa dan siswi MAN 2 Tulungagung. Siswa dan siswi MAN 2 Tulungagung diharapkan lebih cerdas dan lebih mahir dalam bidang Tekhnologi dan Komunikasi. Mampu mengoperasikan komputer dengan baik dan menjadi bekal bagi mereka ketika memasuki studi lanjut maupun di dunia kerja ke depannya.

          
Share:

No comments:

Post a Comment

Categories

Support